Minggu, 26 Agustus 2012

Intisari Kandungan Surah Al-Muddatstsir Ayat 1-10

Surah al-Muzzammil ditutup dengan berita gembira bagi mereka yang memiliki hati yang jernih setelah sebelumnya bersungguh-sungguh mendekatkan diri kepada Allah swt guna mempersiapkan diri melaksanakan tugas dakwah. Awal surah ini dimulai dengan perintah melaksanakan tugas penyampaian dakwah sambil mengingatkan hal-hal penting demi suksesnya penyampaian itu.

Di sini dinyatakan: Hai yang berselimut, yakni wahai Nabi Muhammad saw [1]. Bangkitlah dengan sempurna dan giat, lalu berilah peringatan, bagi mereka yang belum tahu, lengah, atau melupakan Allah swt, atau siapa saja yang perlu diberi peringatan [2].

Karena memberi peringatan dapat mengakibatkan gangguan, maka aya-ayat berikut memberi bimbingan apa yang harus dilakukan demi suksesnya peringatan itu. Yang pertama digarisbawahi adalah: Sertakanlah peringatan itu dengan selalu mengagungkan Tuhan Pemeliharamu, yakni hanya Tuhan Pemeliharamu saja, karena tidak ada yang melebihi keagungan- Nya [3]. Bagaimanapun keadaanmu, hendaknya engkau selalu menyucikan pakaianmu, yakni pakaian lahir dan batin, budi pekerti, atau keluarga/istri [4]. Dosa, yang puncaknya adalah penyembahan berhala/menyekutukan Allah swt, harus engkau tinggalkan, yakni jangan restui [5]. Dan janganlah menganggap usahamu berdakwah sebagai anugerah, dengan demikian engkau akan memperoleh yang banyak, baik berupa jumlah pengikut, maupun berupa ganjaran yang bersumber dari Allah swt [6]. Apa pun yang engkau hadapi, bersabarlah demi karena Tuhan Pemeliharamu [7].

Ayat 8 sampai dengan 10, meskipun tidak turun bersamaan dengan ayat-ayat yang lalu, namun kaitannya sangat jelas. Nabi saw diperintahkan bersabar, demi karena Allah swt. Beliau hendaknya terus berdakwah tanpa menghiraukan gangguan dan cemoohan siapa pun karena akan ada hari ketika sangkakala ditiup di mana pencemooh akan mendapat balasan.

Menurut ayat 8: Apabila sangkakala ditiup sebagai pertada hadirnya Hari Kiamat [8]. Saat itu merupakan hari yang sulit bagi semua makhluk [9] dan secara khusus bagi orang orang-orang kafir, yakni yang berkeras menolak ajaran Islam. Bagi mereka tidak ada sedikit pun kemudahan [10]. 

Referensi : http://ramadan.detik.com/read/2012/08/24/070638/1997643/970/intisari-kandungan-surah-al-muddatstsir-ayat-1-10

Terkait

Judul: Intisari Kandungan Surah Al-Muddatstsir Ayat 1-10
Rating: 10 out of 10 based on 99 ratings. 1 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

0 komentar:

Posting Komentar